Kamis, 12 April 2018

Sistem Baru Pelaporan Wasit Liga 3 Jateng

SEMARANG -  Operator Kompetisi Liga 3 Zona Jateng menurut rencana akan memberlakukan sistem baru untuk pelaporan wasit. Sistem ini diadopsi dari sistem pelaporan wasit di Liga 1.
Sistem pelaporan ini adalah langsung online ke operator. ''Memang sistem ini belum diberlakukan di wasit Liga 3 Nasional. tetapi kita akan mencoba sistem ini guna mempercepat proses sidang komisi disiplin jika terjadi laporan khusus,'' Kata Ketua Asprov PSSI Jateng, Johar Lin Eng usai evaluasi kompetisi.
Sistem pelaporan ini, kata dia, memang melulu untuk laporan khusus wasit yang saat memimpin pertandingan perlu membuat peraturan khusus. ''Jika tidak memerlukan laporan khusus, wasit yang bersangkutan tak perlu melakukannya, imbuh Johar.


Menyambut baik
Ketua Komisi Wasit Asprov PSSI Jateng, Kompol Alil Rinenggo menyambut baik rencana itu. Menurut dia, cara-cara itu untuk semakin memudahkan operator mengelola kompetisi. Dan bagi para wasit, itu akan semakin membuat mereka melek IT.
''Saya kira ini baik untuk teman-teman wasit. meski di Liga 3 Nasional ini belum diberlakukan tapi sistem ini sangat baik, apalagi untuk jenjang karier ke depan mereka sudah dituntut untuk memahami dan bisa mengaplikasikan sistem ini,'' kata Alil lagi.
Komisi Kompetisi yang juga operator Liga 3 Jateng, Puthut Wibowoadhi-pun sependapat. Menurut dia, selama ini sistem laporan khusus masih ditulis tangan. dengan sistem baru ini nanti akan lebih cepat karena sudah menggunakan sistem digital dan online.
''Kami operator kompetisi di Jawa Tengah akan terus berusaha memperbaiki kinerja kita. Kami ingin teman-teman di daerah tidak kalah dari daerah lain di luar Jawa Tengah,'' katanya. *****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar